Colourfull Life

Saturday, June 26, 2010

Sepenggal Perjalanan Hidup Sebagai Manusia



Tidak terasa, ternyata sudah cukup jauh aku melangkah

Aku tahu, kesempatanku untuk melangkah lebih jauh semakin berkurang

Tidak mungkin untuk tetap tinggal selamanya di dunia, bukan?

Selalu ada perlawanan kata

Bahkan ada kalanya pertentangan nurani, yang enggan kupilih

Ada yang bilang hidup itu permainan

Ada yang bilang hidup itu seperti roda

Dan menurutku... tidak ada yang salah dari pernyataan itu...

Karena sudut pandang setiap orang berbeda-beda, bukan?


Dari perjalan ini, ada beberapa pembelajaran yang bisa aku petik..

Dan sering aku jadikan "magic words" disaat masa yang paling buruk..

"Aku sadar aku hanya manusia, aku memiliki batas masa sampai aku harus menghadap Sang Pencipta.."

"Aku sadar aku hanya manusia yang sering kali dikuasai egoku sendiri"


Dalam suatu buku psikologi pun ada pembahasan tentang "ego"

Bukankah itu artinya... tiap diri manusia memiliki ego yang besar??

Tetapi... apakah kita harus membiarkan ego yang menguasai kita? tanpa memperhatikan nurani? perasaan??

Seringkali kita mengganggap... kalau kita sudah merasa dekat dengan seseorang.. maka kita sudah mengenal orang itu... apakah memang benar demikian? Kalau benar... lantas kenapa harus ada permusuhan atau pertengkaran??

Jawabannya mungkin.... karena ego tadi... ego yang membuat diri kita merasa paling benar... tetapi... bukankah kita hanya manusia?

Dari hal itu... aku blajar untuk mengendalikan egoku...

manusia, manusia bisa khilaf... jadi aku belajar memaafkan kesalahan karena aku, kamu, dia, mereka hanyalah manusia.

manusia, setiap pemikiran / sudut pandang manusia berbeda.. dari sini aku belajar untuk tidak terlalu memaksakan kehendak, yang aku tahu akan memunculkan pertengkaran...

dalam suatu tindakan pasti ada alasan.. dari sini aku belajar untuk tidak menilai orang dari penampilan luarnya... dia yang tampak diluar.. belum tentu sama dengan apa yang didalam bukan?

manusia tidak ada yang kekal... darisini aku belajar untuk bisa bertahan ketika memang harus ada perpisahan...

Karena dengan segala Kuasa Tuhan semua bisa saja terjadi, segala perubahan pun pasti terjadi dengan Kuasa Tuhan...

No comments:

Post a Comment